Situs web yang dibatasi secara geografis adalah situs web tertentu yang tidak dapat diakses di bagian dunia tertentu. Pembatasan ini bervariasi menurut situs web dan dapat berkisar dari pembatasan umum seperti situs tidak tersedia untuk negara-negara tertentu, hingga pembatasan khusus pada situs web seperti hanya dapat diakses setelah masuk ke VPN. Banyak situs web menggunakan pembatasan geografis untuk menegakkan perlindungan hak cipta atau menghindari masalah hukum dengan pejabat pemerintah di negara-negara di mana kontennya ilegal. Misalnya, banyak layanan streaming musik hanya dapat diakses di lokasi tertentu karena memungkinkan pemegang hak cipta untuk menentukan situs mana yang memiliki akses yang sah dan mana yang tidak.

Dengan bantuan Virtual Private Network, juga dikenal sebagai VPN, situs-situs web yang dibatasi secara geografis tersebut dapat diakses dari mana saja di dunia. VPN bertindak sebagai perantara yang menghubungkan pengguna ke situs web dan pada saat yang sama mengenkripsi semua lalu lintas mereka sehingga tidak dapat dilacak. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati layanan streaming seperti Netflix dari mana saja di dunia tanpa diblokir.

Apa Sebenarnya VPN (Jaringan Pribadi Virtual) itu?

Mari kita mulai dengan definisi VPN:

Apa itu VPN?

Alih-alih langsung ke internet, lalu lintas internet Anda dialihkan melalui server VPN. Ini menyembunyikan alamat IP Anda dan membuatnya terlihat seolah-olah lalu lintas internet Anda berasal dari jaringan penyedia layanan VPN Anda daripada lokasi Anda yang sebenarnya. Lapisan keamanan ekstra antara Anda dan peralatan Anda, seperti komputer atau ponsel cerdas, memungkinkan Anda untuk berselancar dan memanfaatkan internet dengan aman dan pribadi.

Data Anda juga dapat dienkripsi menggunakan layanan VPN. Hanya mereka yang seharusnya melihat lalu lintas online Anda yang dapat melihatnya. Ini meningkatkan privasi Anda. Bahkan penyedia layanan internet Anda tidak dapat mengakses data Anda atau mengikuti perilaku online Anda karena enkripsi yang ditawarkan oleh layanan VPN. Hal yang sama berlaku untuk layanan internet dan halaman web yang dapat diakses melalui VPN.

VPN lebih dari sekadar alat untuk pekerja TI. VPN dapat digunakan untuk tujuan-tujuan berikut:

  1. Menyembunyikan alamat IP Anda, yang mungkin digunakan untuk menemukan Anda.
  2. Ketika memanfaatkan jaringan Wi-Fi publik, lindungi koneksi Anda.
  3. Untuk memperoleh akses ke berbagai situs web dan konten, ubah lokasi virtual Anda.

Tugas awal VPN adalah untuk mengamankan privasi Anda. Sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda apa yang Anda lakukan di internet saat menggunakan VPN.

Ketika Anda menggunakan VPN, Anda memberikan penyedia VPN akses ke data Anda. Kebijakan privasi mereka mengatur bagaimana mereka menggunakan informasi tersebut. Bekerja dengan perusahaan andal yang mematuhi aturan privasi yang kuat untuk menjamin bahwa data Anda tidak dieksploitasi. Jika Anda ingin menjaga penjelajahan internet dan informasi pribadi Anda tetap tersembunyi, khususnya hindari penyedia layanan VPN gratis.

Bagi banyak orang, menggunakan VPN mempromosikan privasi dan memberikan pengalaman online yang lebih aman. Siapa yang tidak ingin berselancar tanpa takut informasi mereka dicuri dan dijual? Namun, menggunakan VPN gratis mungkin memiliki efek sebaliknya.

Pada kenyataannya, VPN gratis mungkin merupakan risiko keamanan. Tidak murah untuk menjalankan layanan VPN. Sebagian besar penyedia VPN gratis menjual data Anda kepada pengiklan, pemerintah asing, atau bahkan penjahat. Beberapa orang mencoba menyebarkan virus atau menjual bandwidth Anda. Bagaimana Anda membayar ketika Anda tidak punya uang?

Menggunakan penyedia layanan VPN yang memiliki reputasi baik dan produk mereka jauh lebih baik daripada alternatif gratis yang tidak aman dan mungkin berbahaya. Ketika menggunakan layanan VPN gratis, selalu ada untung ruginya. Lihat artikel mendalam kami tentang layanan VPN gratis untuk mempelajari lebih lanjut.

READ  Turbo VPN: Jaringan Pribadi Virtual yang Dapat Anda Percayai Sepenuhnya Sepanjang Waktu

Untungnya, banyak perusahaan VPN yang andal, menyediakan uji coba layanan VPN gratis. Dengan cara ini, Anda dapat menuai manfaat dari jaringan pribadi virtual yang dapat diandalkan sambil juga memahami mengapa membayar untuk layanan VPN lebih disukai daripada menggunakan VPN gratis yang meragukan.

Apa keuntungan menggunakan layanan VPN?

Ada berbagai alasan mengapa Anda harus terhubung ke internet menggunakan layanan VPN. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan VPN untuk meningkatkan kebebasan dan keamanan online Anda.

VPN mengenkripsi semua pertukaran data melalui internet.

Ketika Anda terhubung ke server VPN, semua lalu lintas internet Anda dienkripsi. Ini menyiratkan bahwa tidak ada yang bisa melihat apa yang Anda lakukan secara online, bahkan penyedia layanan internet (ISP) Anda. Ini berarti ISP Anda tidak akan dapat mengurangi kecepatan Anda juga.

Enkripsi melindungi informasi sensitif yang Anda berikan pada situs web, seperti kata sandi, dari peretas. Hal ini sangat penting jika Anda menggunakan WiFi publik, karena penjahat bisa saja mengamati koneksi Anda. VPN, di sisi lain, memastikan bahwa tidak ada yang dapat memecahkan kode atau menafsirkan data Anda, bahkan jika disadap.

VPN Anda juga melindungi privasi Anda.

Situs web dan layanan memanfaatkan alamat IP Anda untuk menentukan lokasi Anda. Alamat IP Anda disembunyikan ketika Anda terhubung ke server VPN.

Karena mereka tidak memiliki akses ke alamat IP Anda yang sebenarnya, mereka tidak dapat menentukan lokasi Anda.

Beberapa VPN memblokir situs web, iklan, dan pelacak yang berpotensi berbahaya.

Situs web berbahaya dapat mengunduh malware dan pelacak ke perangkat Anda tanpa terlihat. VPN dengan proteksi bawaan membantu menghindari infeksi dengan memasukkan situs-situs ini ke dalam daftar hitam sebelum mereka membahayakan.

Beberapa orang juga menonaktifkan iklan dan pop-up. Ini memproteksi perangkat Anda dari iklan berbahaya.

Apakah ada layanan VPN untuk perangkat seluler?

VPN yang andal juga akan berfungsi pada ponsel cerdas Anda dan perangkat seluler lainnya. Di sisi lain, haruskah Anda mendapatkan VPN untuk ponsel cerdas Anda? Ya. Keamanan pada Wi-Fi publik, akses ke konten online yang diblokir secara geografis, dan penjelajahan pribadi semuanya sama pentingnya pada perangkat seluler.

Banyak orang mencari layanan jaringan pribadi virtual yang dapat dipercaya untuk komputer mereka tetapi mengabaikan ponsel dan tablet. Namun, Anda dapat menggunakan VPN lengkap pada PC dan perangkat seluler Anda tanpa membeli langganan VPN terpisah.

Sejarah Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

Sejarah Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

Teknologi VPN dipelopori pada tahun 1996 oleh pengembang Microsoft yang merancang protokol PPTP. Protokol ini meningkatkan privasi dan keamanan koneksi perangkat pengguna ke internet. Standar ini awalnya diperkenalkan pada tahun 1999.

VPN sebagian besar terhubung dan digunakan oleh perusahaan pada awal tahun 2000-an. Pengguna online biasa tidak sering menggunakan strategi ini. VPN digunakan oleh bisnis pada saat itu untuk terhubung ke jaringan perusahaan yang tersembunyi. Dalam kasus penggunaan ini, organisasi dapat mengakses data bisnis dari mana saja sambil terlihat berada di kantor. Sekarang dimungkinkan untuk memindahkan data dengan aman di antara tempat kerja.

Kemudian, seiring dengan kemajuan standar enkripsi, metode tunneling baru muncul. Penggunaan VPN individual meningkat karena pelanggan menjadi lebih sadar akan potensi ancaman online dan masalah privasi. Penemuan keamanan yang terpisah dari Wikileaks dan Edward Snowden telah mendorong masalah privasi ke dalam zeitgeist saat ini.

Sekitar tahun 2017, pengguna internet di Amerika Serikat menyadari bahwa penyedia layanan internet (ISP) mereka dapat mengumpulkan dan menjual data penjelajahan mereka, dan netralitas net menjadi konsep yang harus diperjuangkan orang – dan akhirnya kalah. Kongres Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang. Dewan Perwakilan Rakyat memilih untuk mengembalikan netralitas net pada tahun 2019, tetapi Senat memblokirnya. Sejak itu, banyak negara bagian telah menyetujui bentuk undang-undang netralitas net mereka sendiri. Keinginan orang untuk VPN meningkat sebagai hasil dari pemahaman ini.

Bagaimana Memilih VPN yang Andal

VPN sah di Amerika Serikat, tetapi pengguna dan organisasi harus meneliti apakah mereka legal di negara lain.

Banyak VPN menggunakan teknologi yang sama, sehingga sulit untuk mengevaluasi VPN mana yang terbaik. Layanan VPN berbayar lebih dapat dipercaya dan dilengkapi dengan tindakan pencegahan keamanan tambahan. Penyedia layanan VPN yang bereputasi baik akan terbuka dan jujur tentang keamanan, kekuatan dan kelemahan, dan transparansi mereka, seperti dengan menyediakan audit pihak ketiga. Tunneling terpisah, akses jaringan Tor, dan koneksi multi-hop merupakan fitur VPN tambahan.

READ  Yandex.com VPN: Dinilai sebagai Salah Satu VPN Terbaik yang Dapat Anda Gunakan dengan Mudah

Ketika pelanggan mengevaluasi fitur-fitur tambahan dan memilih layanan yang mereka rasa mungkin berguna bagi mereka, mereka harus mulai dengan berlangganan jangka pendek. Banyak bisnis menyediakan versi uji coba gratis dari produk komersial mereka. Jumlah data yang dapat digunakan dalam beberapa versi uji coba gratis mungkin terbatas.

VPN dari Berbagai Jenis

VPN dapat dibuat dalam berbagai metode, termasuk yang berikut ini:

Remote access VPN

Server VPN gateway menghubungkan klien akses jarak jauh ke jaringan perusahaan. Gateway mengharuskan perangkat membuktikan identitasnya sebelum memberikan akses ke sumber daya jaringan internal. Untuk mengamankan koneksi, IPsec atau SSL biasanya digunakan.

<Site-to-site VPN

VPN situs-ke-situs, di sisi lain, menggunakan perangkat gateway untuk menghubungkan seluruh jaringan di satu area ke area lain. Karena koneksi dikontrol oleh gateway, perangkat end-node di lokasi yang jauh tidak memerlukan klien VPN. Sebagian besar VPN situs-ke-situs yang terhubung melalui internet menggunakan IPsec. Hal ini juga umum bagi mereka untuk menggunakan koneksi Multiprotocol Label Switching (MPLS) operator daripada internet publik sebagai transportasi untuk VPN situs-ke-situs. Melalui saluran transportasi dasar, koneksi Layer 3 (MPLS IP VPN) atau koneksi Layer 2 (layanan jaringan area lokal pribadi virtual) dapat dibentuk.

Mobile VPN

Dalam VPN seluler, server tetap berada di luar jaringan organisasi, menyediakan akses terowongan yang aman untuk klien yang terautentikasi dan terotorisasi. Sebaliknya, terowongan VPN seluler tidak menggunakan alamat IP yang sebenarnya. Sebaliknya, setiap tunnel diberikan alamat IP logisnya sendiri. Alamat IP logis perangkat seluler disimpan. VPN seluler yang dapat diandalkan menyediakan layanan berkelanjutan bagi pelanggan dan memungkinkan mereka untuk beralih di antara metode akses serta jaringan publik dan pribadi.

Hardware VPN

VPN perangkat keras memberikan sejumlah keunggulan dibandingkan VPN perangkat lunak. Selain keamanan yang lebih besar, VPN perangkat keras dapat menyediakan penyeimbangan beban untuk beban klien yang besar. Untuk manajemen, antarmuka browser web digunakan. VPN perangkat keras lebih mahal daripada VPN berbasis perangkat lunak. Bisnis yang lebih besar dapat menghemat uang dengan menggunakan VPN perangkat keras. Beberapa perusahaan menjual gadget yang dapat digunakan sebagai VPN perangkat keras.

VPN appliance

VPN appliance, kadang-kadang dikenal sebagai VPN gateway appliance, adalah perangkat keamanan jaringan. Ini adalah router VPN yang juga menawarkan otentikasi, otorisasi, dan enkripsi. Ini juga disebut sebagai alat VPN SSL.

Dynamic multipoint virtual private network (DMVPN)

DMVPN memungkinkan data dipindahkan antar situs tanpa melalui server atau router VPN utama perusahaan. DMVPN adalah layanan VPN mesh yang ditempatkan pada router VPN dan konsentrator firewall. Setiap situs jarak jauh dilengkapi dengan router yang dikonfigurasi untuk terhubung ke perangkat kantor pusat perusahaan (hub), menyediakan akses ke sumber daya yang tersedia. Ketika dua spoke perlu mengkomunikasikan data, seperti selama panggilan telepon VoIP, spoke akan menghubungi hub, memperoleh informasi tentang ujung yang lain, dan secara langsung membangun terowongan VPN IPsec dinamis di antara mereka.

Ya, jawaban langsungnya adalah ya! Sebagian besar negara mengizinkan Anda untuk menggunakan VPN tanpa batasan, namun ada beberapa pengecualian.

VPN pihak ketiga dilarang di beberapa negara, termasuk Cina dan Irak. Hal ini menunjukkan bahwa penyedia yang disetujui kemungkinan telah memenuhi persyaratan anti-privasi, membuat layanan VPN mereka tidak dapat dipercaya. Penyedia VPN yang tidak patuh biasanya dilarang mengakses situs web mereka atau mengunduh perangkat lunak mereka begitu masuk ke dalam negara tersebut.

Apakah Ada Kekurangan dalam Menggunakan VPN

Apakah Ada Kekurangan dalam Menggunakan VPN?

Manfaat menggunakan VPN jauh lebih besar daripada kekurangannya, tetapi ada beberapa yang perlu diperhatikan.

Kecepatan koneksi Anda akan agak berkurang.

Data berjalan lambat, dan ketika Anda terkoneksi ke VPN, data perlu berjalan sedikit lebih jauh untuk sampai ke server VPN. VPN juga membutuhkan beberapa detik untuk mengenkripsi dan mendekode lalu lintas Anda. Akibatnya, kecepatan koneksi Anda kemungkinan akan menurun secara dramatis.

VPN yang tidak dapat dipercaya mungkin memiliki akses ke riwayat peramban Anda.

Tidak ada jaminan bahwa jika Anda memilih penyedia yang kurang dapat dipercaya, mereka tidak akan melacak atau mengungkapkan perilaku penjelajahan Anda kepada pihak ketiga. Pemerintah mungkin memerlukan informasi ini jika penyedia Anda adalah anggota dari Aliansi 5/9/14-Eyes.

Pilih penyedia VPN yang andal dengan kebijakan tanpa pencatatan yang kuat dan server berbasis RAM untuk menghindari hal ini. Server berbasis RAM menghapus catatan Anda setiap kali reboot, jadi meskipun VPN Anda secara hukum diharuskan untuk mengungkapkan informasi tentang Anda, VPN Anda tidak akan memilikinya.

READ  Hola VPN: VPN Teraman dan Paling Efisien untuk Streaming Online dan Mengunduh Film

Beberapa situs web tidak mengizinkan pengguna VPN.

Situs web tertentu memeriksa alamat IP Anda ke daftar IP server VPN yang dikenali ketika Anda masuk. Jika ada kecocokan, mereka akan menghalangi koneksi Anda. Anda dapat menghindari hal ini dengan menyambungkan ke server yang berbeda di area yang sama.

PayPal dan institusi online lainnya dapat melaporkan pelanggaran keamanan pada akun Anda jika Anda masuk dari alamat IP asing.

Sebagai bagian dari prosedur keamanan online mereka, PayPal dan lembaga perbankan online lainnya dapat memblokir sementara akses Anda ke akun Anda jika Anda masuk dari alamat IP asing. Tindakan pencegahan ini mencegah penipu luar negeri mendapatkan akses ke rekening Anda.

Jangan khawatir, akun Anda tidak akan terkunci secara permanen. Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin perlu menghubungi bank Anda. Anda dapat menghindari hal ini dengan menggunakan server di negara Anda sendiri untuk mengakses akun keuangan Anda.

VPN Proxy Master

VPN Proxy Master adalah salah satu Virtual Private Networks (VPN) terbaik yang dapat digunakan oleh orang-orang untuk mengakses situs web yang dibatasi secara geografis tanpa kerepotan. VPN ini memungkinkan pengguna untuk membuka blokir situs web seperti Netflix AS, YouTube, Hulu, dan banyak lainnya hanya dengan beberapa klik. VPN ini juga menyediakan enkripsi 64-bit, yang membuatnya jauh lebih aman daripada yang lain. Dengan yang satu ini, Anda dapat membuka blokir semua jenis pembatasan termasuk sensor dan pembatasan geografis. VPN ini juga menawarkan konektivitas nirkabel dengan layanan Secure Wi-Fi-nya sehingga Anda dapat dengan mudah menjelajahi Internet pada laptop atau smartphone Anda sesuai keinginan. VPN online Croxy Proxy adalah versi lain dari Proxy VPN yang dapat digunakan seperti halnya VPN proxy master pro.

VPN Proxy Indonesia

VPN Proxy Master adalah penyedia solusi proxy VPN nomor satu. Ini adalah perusahaan keamanan dan privasi tepercaya yang menawarkan lingkungan penjelajahan aman yang lengkap dengan menyediakan terowongan terenkripsi antara komputer Anda dan server target. Layanan mereka dapat digunakan di Indonesia untuk membuka blokir situs web yang dibatasi secara geografis dan juga melindungi identitas online Anda dari penjahat cyber, peretas, mata-mata, dan ancaman lainnya. Menggunakan VPN Proxy Master di Indonesia akan membantu Anda membuka blokir situs web apa pun yang diblokir di wilayah Anda.

Free VPN Proxy Video Chrome

VPN adalah layanan online yang memungkinkan Anda menjelajahi web secara anonim dan aman. Perangkat lunak VPN bertindak sebagai perisai antara perangkat Anda dan internet, mengenkripsi semua data Anda saat bepergian melalui jaringan publik.

VPN digunakan oleh semua orang mulai dari jurnalis dan blogger hingga bisnis dan individu. Siapa pun yang membutuhkan privasi atau keamanan harus mempertimbangkan untuk menggunakannya. Menggunakan VPN Proxy Master di Google Chrome dapat membuat hidup Anda lebih sederhana. Mulai dari streaming film dan acara yang dibatasi secara geografis, hingga menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi data Anda, ini adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang sadar privasi. Contoh situs yang dibuka blokirnya oleh Proxy VPN adalah Netflix.

Free VPN Proxy Video Download

Layanan Proxy VPN Video Download gratis adalah layanan gratis yang dapat digunakan untuk mengakses semua konten di YouTube, Facebook dan situs streaming lainnya. Ini berarti Anda akan dapat mengakses video yang disensor oleh negara Anda. Download VPN Proxy gratis menyediakan unduhan gratis perangkat lunak VPN terbaik di pasaran, yang kompatibel dengan semua sistem operasi. Pemutar video proxy gratis VON juga dapat digunakan untuk melihat video sebelum Anda mengunduhnya. Video hot apk proxy VPN gratis bahkan tidak diperlukan karena layanan VPN ini gratis.

VPN Web Proxy

VPN mengenkripsi semua aktivitas web, terlepas dari situs web atau aplikasi, sedangkan server proxy hanya menyembunyikan satu situs web atau aplikasi pada satu waktu. Sebagai konsekuensinya, VPN menyediakan lebih banyak cakupan bagi konsumennya. Mayoritas VPN tidak melacak lalu lintas. Sebagian besar perusahaan VPN tidak akan mencatat aktivitas online Anda, namun server proxy akan melakukannya.

 

Cara menggunakan proxy Master VPN pada tahun 2022